Memahami Fungsi dan Cara Kerja Sand Filter Kolam Renang

Memahami Fungsi dan Cara Kerja Sand Filter Kolam Renang

Anda pasti pernah mendengar sparepart bernama sand filter kolam renang, namun apakah sudah paham juga dengan fungsinya? Bagian yang berbentuk seperti tabung ini mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menjaga kejernihan dan kebersihan air kolam renang.

Sedikit yang tahu bahwa bagian ini bisa dioperasikan sesuai dengan kebutuhan, karena ada bagian handle yang dapat yang mempengaruhi cara kerja dari sistem penyaringan. Tidak bisa sembarangan dalam menggunakan filter, harus berhati-hati menarik handle terlalu keras bisa menyebabkan bagian tersebut rusak.

Penggunaan sand filter filter setidaknya perlu diawasi oleh spesialis kolam renang yang berpengalaman di bidangnya. Apabila ada buku panduan, maka pastikan Anda benar-benar memahami mekanisme-nya. Sebagai permulaan mari kita cek terlebih dahulu mengenai apa saja bagian-bagian filter pompa kolam.

5 Bagian Filter Pasir Kolam Renang yang Perlu Diketahui

Ada setidaknya lima komponen inti yang membuat mesin filter bisa berfungsi dengan baik untuk menyaring kotoran dan memastikan air kolam tetap jernih. Adapun penjelasan masing-masingnya bisa disimak pada informasi berikut.

1. Handle Control

Handle control adalah komponen utama yang bisa diatur fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Pengguna dapat menarik tuas yang nantinya terdiri dari beberapa mode penyaringan. Beberapa diantaranya seperti mencuci filter, membuang air kolam renang, dan sebagainya.

2. Glass Control

Perhatikan kembali bagian multiport valve, dibagian tersebut ada semacam gelas bening. Bagian ini berfungsi untuk menentukan berapa lama proses pencucian filter kolam renang. Saat Anda mengatur filter dalam mode backwash maka air yang kotor akan melewati bagian glass ini. Dengan demikian komponen ini dapat dijadikan penentu berapa lama proses backwash kolam renang dikerjakan.

3. Lateral

Lateral adalah bagian yang menyerupai pipa pendek setidaknya ada 10 jari-jari. Fungsinya untuk menahan pasir filter sehingga tetap dalam jalurnya. Kerusakan komponen lateral sering terjadi pada filter yang sudah lama dipakai, salah satu ciri-ciri kerusakannya ada pasir yang keluar pada bagian inlet fitting karena filter.

4. Underdrain

Underdrain bagian silinder yang mempunyai fungsi untuk membuang air dalam filter pada saat penggantian pasir silica. Sebagai komponen utama, setiap filter pasti mempunyai bagian ini.

5. Pressure Gauge

Pressure gauge merupakan bagian filter kolam yang berguna untuk mengetahui seberapa besar tekanan aliran air di dalam filter. Sebagai catatan penting batas tekanannya maksimal adalah 30 psi tidak boleh lebih dari itu. Apabila tekanan air yang tampil melebihi angka yang wajar maka ini adalah pengingat bahwa filter kolam perlu dibersihkan atau dicuci.

Setelah memahami komponen filter, selanjutnya adalah memahami mode penggunaan filter saat aktif. Umumnya filter seperti Hayward, Emaux menggunakan informasi dalam bahasa inggris sehingga Anda perlu memperhatikan cara kerjanya dengan baik.

Penjelasan Istilah Mode Dalam Sand Filter Kolam Renang

Sekarang coba ke bagian ruang mesin kolam renang Anda, cek bagian filternya pasti ada tulisan berbahasa inggris. Bukan sekadar tulisan, melainkan ini menunjukan mode penyaringan yang mampu dilakukan oleh mesin sand filter kolam renang. Mode yang dimaksud antara lain filter, recirculate, close, backwash, rinse dan waste.

Apa saja fungsi dan penjelasannya?

1. Mode Filter

Filter adalah mode dasar sistem penyaringan, filterisasi dilakukan melalui pasir silica. Air kolam renang akan mengalir ke dalam filter kemudian disaring lalu ditumpahkan kembali ke kolam renang.Secara umum mode filter dipilih saat melakukan proses sirkulasi vacuum kolam dalam kondisi normal.

2. Mode Close

Apabila control handle berada pada tulisan “close” maka saluran pipa akan tertutup. Digunakan pada saat proses maintenance/perbaikan, close memastikan agar air di dalam filter tidak terbuang percuma. Perhatikan, jika Anda tidak mengaktifkan mode close saat melakukan proses perbaikan maka air akan tumpah dan menghambat pekerjaan.

3. Mode Recirculate

Sirkulasi ulang, pada proses ini air akan melakukan sirkulasi pada pipa tanpa mengalir ke bagian filter dulu. Pengaplikasian umum, recirculate filter mesin digunakan pada saat meletakan chemical atau obat kolam renang seperti kaporit, PAC, dan sebagainya.

4. Mode Backwash

Backwash adalah mekanisme yang berguna untuk mencuci filter. Anda bisa melakukan backwash setelah vacuum selesai dilakukan.  Tujuan utama dibersihkannya filter adalah untuk menghilangkan sisa penyaringan.

5. Mode Rinse

Jika Anda mengatur handle ke posisi “rinse” maka ini akan membilas filter kolam. Anda bisa menggunakan mode ini setelah selesai melakukan backwash. Pastikan untuk mengaktifkan metode rinse setelah melakukan pencucian filter, sehingga bagian tersebut menjadi bersih dan dapat berfungsi dengan baik.

6. Mode Waste

Waste berarti buang, mekanisme yang penting untuk melakukan proses vacuum buang atau bisa pada saat kolam renang banyak terdapat endapan kotor. Selain itu, fungsi mode waste juga sangat membantu jika Anda akan melakukan pengurasan kolam untuk alasan tertentu.

Bagaimana Pengoperasian Mesin Sand Filter yang Baik?

Apabila Anda ingin menggunakan mesin filter maka pastikan untuk memahami dengan baik prosedurnya. Berikut kami paparkan beberapa penjelasan singkat mengenai cara menggunakan filter kolam renang dalam kolam pribadi di rumah:

  • Pertama, pastikan filter dalam keadaan off
  • Kemudian, putar handle control ke bagian mode filter standar

(Catatan: jika Anda mempunyai kolam renang overflow atau semi overflow, maka harus dicek bahwa vacuum dalam kondisi off, sedangkan untuk kolam skimmer pastikan kondisi vacuum dalam kondisi aktif)

  • Setelah itu, pastikan bagian pipa maindrain dalam keadaan on.
  • Selanjutnya, perhatikan bagian pipa balancing tank berfungsi dan bagian tersebut terisi penuh
  • Kemudian, bagian pipa pembuangan atau waste harus dalam keadaan off
  • Terakhir, nyalakan mesin pompa nyalakan minimal 6-12 jam

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait pengoperasian, dan cara kerja filter kolam renang. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, apabila Anda berlokasi di Jabodetabek maka bisa menggunakan jasa perawatan kolam renang dari Karya Utama Pool. Kami siap memastikan kolam renang Anda bersih terawat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hallo, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?