Begini Cara Merawat Kolam Renang Agar Terbebas Dari Lumut

Begini Cara Merawat Kolam Renang Agar Terbebas Dari Lumut

Air kolam renang tidak hanya dapat mengalami perubahan warna hijau dan kuning saja loh ! Jika kita memiliki kolam renang namun dalam perawatannya salah, kolam renang bisa saja mengandung lumut. Ya, lumut bisa saja jadi masalah yang sepele jika kita bisa menanganinya dengan baik. Lalu bagaimana jika air kolam renang sudah mengandung banyak lumut tapi tidak bisa menanganinya?

Tentu saja, bila Anda memiliki kolam renang dan mengandung lumut, sudah seharusnya Anda untuk mengatasinya. Namun bukankah mencegah lebih baik daripada mengatasi bukan? Mencegah tumbuhnya alga atau lumut pada kolam renang merupakan pilihan paling tepat untuk mengurangi tumbuhnya alga. Bila Anda belum tahu bagaimana cara merawat kolam renang agar terbebas dari lumut, Kami akan memberitahukan kepada Anda.

Baca dulu : Cara Mengatasi Kolam Renang Bocor

Penyebab Air Kolam Renang Berlumut

Sebelum membahas mengenai cara merawat air kolam renang berlumut, ketahui terlebih dahulu apa penyebab air kolam renang tersebut berlumut. Ini penyebabnya :

  1. Kadar klorin atau kaporit air kolam renang terlalu rendah.
  2. Terdapat kotoran atau seresah mengendap di dasar kolam renang.
  3. Pemberian senyawa untuk perawatan tidak dilakukan secara rutin.

Cara Merawat Kolam Renang Supaya Bebas Dari Lumut

Untuk merawat kolam renang supaya bebas dari lumut, kali ini Kami akan berbagi kepada Anda. Simak informasi berikut :

a. Perawatan Kolam Renang Secara Berkala

Agar kolam renang terbebas dari lumut, lakukan perawatan air kolam renang secara berkala. Perawatan secara rutin tentu saja tidak akan memberikan waktu lumut untuk berkembang biak. Disarankan untuk membersihkan dua kali sehari khususnya untuk mengangkat kotoran baik dari daun atau kotoran lainnya yang ringan.

b. Penggunaan Filter Air Yang Sesuai

Merawat kolam renang agar terbebas dari lumut tak lepas dari penggunaan filter air kolam renang. Semakin tinggi kapasitas kerja filter maka semakin baik kualitas air yang dihasilkan. Penggunaan filter air sangat penting untuk membantu dalam proses penyaringan airr dari kotoran yang ada pada kolam renang. Kolam renang yang bersih akan membuat nyaman untuk digunakan serta pastinya mengurangi proses tumbuhnya alga di air kolam renang..

c. Atur Kadar Klorin Dan Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Seperti yang diketahui, penyebab dari tumbuhnya lumut pada air kolam renang adalah kurangnya klorin. Agar tidak berlumut, maka Anda harus mengatur kadar klorin juga pH kolam renang. sesuaikan dengan rekomendasi dari para ahli. Biasanya pH berkisar antara 7,2-7,4. Sementara untuk klorin hanya boleh berkisar antara 1,0-3,0 bagian perjuta dan asam sianurat hanya 40BPJ saja. Apabila tidak memenuhi standar tersebut, maka harus segera kuras dan ganti air.

d. Tanam Pohon di Sekitar Kolam Renang

Penanaman pohon di sekitar kolam renang dapat menahan pertumbuhan alga atau lumut. Karena sinar matahari yang mengenai air kolam renang dapat menjadi faktor yang menyebabkan tumbuhnya lumut. Jadi untuk mengurangi tumbuhnya sinar matahari, adalah dengan mengurangi kadar sinar matahari tersebut. Caranya dengan melakukan penanaman pohon di sekitar kolam renang tapi pastikan juga merawat air kolam renang agar terbebas dari daun ya.

e. Memasang Lampu Ultraviolet

Perawatan kolam renang tanpa menggunakan kaporit namun tetap terbebas dari lumut bisa dilakukan dengan memasang lampu-lampu ultraviolet. Lampu ini bisa menjaga kondisi air tetap bersih dari kuman dan bakteri. Juga passtinya dapat mengikat bibit-bibit lumut serta ganggang agar menggumpal menjadi satu. Dengan begitu, jika ada ganggang, maka akan lebih mudah untuk membersihkannya.

f. Bersihkan Kerak-Kerak Pada Dinding Kolam

Cara merawat kolam renang agar terbebas dari lumut selanjutnya adalah rutin membersihkan kerak-kerak pada dinding kolam renang. pada proses ini dilakukan pengurasan kolam juga menyikat bagian dasar dan samping kolam renang. ini bisa membuat dasar kolam renang bersih dan mengkilat. Setelah disikat dan semua bagian kolam renang bersih, selanjutnya isi ulan kembali.

g. Gunakan Alat Penyaring Manual

Daun-daun yang kering yang berasal dari pohon dapat menjadi penyebab kolam renang berlumut. Lakukan penyaringan secara manual menggunakan alat saring yang khusus untuk membersihkan bagian daun kering yang kotor.

Itulah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tumbuhnya lumut di kolam renang. Bila Anda butuh jasa perawatan kolam renang percayakan saja pada Kami !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hallo, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?