Cara Menjernihkan Kolam Renang Berwarna Hijau yang Paling Praktis

Cara Menjernihkan Kolam Renang Berwarna Hijau yang Paling Praktis

Air kolam renang berwarna hijau memang menjadi permasalahan yang tak kunjung ada habisnya. Entah disebabkan karena perawatannya yang kurang maksimal, atau disebabkan karena kesalahan lain. Yang jelas, air kolam renang hijau sangatlah tidak sehat. Bila dibiarkan saja tanpa dijernihkan, tentu akan menimbulkan penyakit bila masih digunakan. Untuk itu, bila Anda menemui air kolam renang milik Anda hijau segera lakukan penjernihan untuk membuatnya menjadi jernih dan bisa digunakan lagi.

Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai cara mengatasi kolam renang berwarna kuning. Kali ini kita bahas mengenai cara menjernihkan kolam renang yang berwarna hijau. Namun sebelum membahas cara mengatasi hal tersebut tidak ada salahnya untuk mengetahui apa penyebab air kolam renang berwarna hijau kan?

Ya, kita bahas terlebih dahulu mengenai penyebab air kolam renang menjadi hijau. Ini penting, sebab jika kita tidak mengetahui penyebabnya, kemungkinan bisa meskipun sudah dibersihkan, maka air kolam renang hijau bisa saja terjadi terus menerus. Untuk itu mari kita bahas mengenai penyebab air kolam renang berwarna hijau.

Penyebab Air Kolam Renang Berwarna Hijau

Secara umum terdapat banyak penyebab air kolam renang tersebut menjadi hijau, kali ini Kami akan mengkualifikasikannya dalam beberapa jenis yaitu :

Penyebab Dari Lingkungan Kolam Renang

Lingkungan menjadi faktor yang cukup banyak membuat air kolam renang menjadi hijau, beberapa diantaranya :

  • Adanya Tambahan Air Hujan

Air hujan pada dasarnya memiliki kandungan pH yang dibutuhkan untuk kolam renang. tetpi, penambahan air hujan yang kurang baik ketika kadar chlorine dalam kolam renang tidak dalam kondisi ideal. Jika kandungan klorin rendah, maka akan menyebabkan air kolam renang menjadi hijau.

  • Adanya Debu

Debu menjadi salah satu faktor penyebab kolam renang menjadi hijau terutama untuk kolam renang jenis skimmer. Tidak adanya tempat pembuangan pada jenis kolam renang ini, otomatis berpotensi penumpukan debu. Debu yang menumpuk memicu tumbuhnya alga. Tumbuhnya alga dapat membuat kolam renang berwarna hijau.

  • Adanya Sampah Daun

Sampah daun yang berasal dari tanaman yang berada di sekitar kolam renang bisa menyebabkan air kolam renang menjadi hijau. Terlebih jika tanaman tersebut tidak dirawat. Selain itu, pohon yang menjorok ke kolam juga menyebabkan tumbuhnya lumut di tepian kolam renang.

Penyebab Dari Instalasi Kolam Renang

Selain dari faktor lingkungan, air kolam renang hijau juga disebabkan faktor instalasi kolam renang yang tidak benar. Adapun penyebabnya yaitu :

  • Penggunaan Pompa Kolam Renang Yang Tidak Sesuai

Jika mesin pompa kolam renang yang digunakan pada kolam renang menggunakan kapasitas yang tidak sesuai, maka sirkulasi kolam renang menjadi tidak optimal. Dengan sirkulasi yang tidak maksimal, maka saat pemberian chemical menjadi lebih lama untuk dapat merata . Akibatnya air kolam renang menjadi lebih cepat hijau.

  • Salah Memilih Filter Kolam Renang

Tidak jauh berbeda dengan pompa kolam renang, filter kolam renang yang berfungsi untuk menyaring air kolam renang juga sangat berpengaruh terhadap bersih tidaknya air. Filter yang salah menyebabkan penyaringan kotoran menjadi tidak maksimal akibatnya kotoran tersebut berkumpul dan menyebabkan air menjadi cepat hijau.

  • Vacuum Kolam Renang Tidak Lancar

Vacuum kolam renang yang tidak lancar maka kolam renang tidak bisa dibersihkan. Akibatnya air kolam renang dapat menjadi lebih cepat berubah warna menjadi hijau.

Cara Menjernihkan Kolam Renang Berwarna Hijau

Berbagai faktor diatas menjadi penyebab air kolam cepat hijau. Bila Anda memiliki kolam renang dengan air yang berwarna hijau, berikut adalah cara untuk mengatasinya :

  • Membersihkan Kolam Secara Rutin

Pembersihan kolam renang secara rutin akan berpengaruh terhadap kondisi air kolam renang. kolam renang yang dibersihkan akan selalu jernih dan bersih.

  • Menanam Pohon Di Sekitar Kolam

Adanya sinar matahari yang menyinari kolam renang dapat membuat alga dapat cepat tumbuh. Dengan menanam pohon di sekitar kolam renang maka dapat mengurangi pertumbuhan alga akan tetapi, pastikan Anda membersihkannya secara rutin. Karena daun yang jatuh pada kolam renang juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya alga.

  • Mengganti Sepertiga Air Kolam Secara Berkala

Untuk mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau adalah dengan melakukan penggantian air kolam renang. Penggantian ini untuk mengurangi ekosistem dan pertumbuhan alga. Dengan menggantinya secara rutin, akan menjaga kualitas air tersebut. Untuk itu lakukan secara rutin berkala seminggu sekali.

  • Menggunakan filter khusus kolam renang

Filter khusus dapat menyaring air kolam renang dengan baik. kotoran yang terdapat pada air akan tersaring dengan baik, sehingga dikeluarkan dalam kondisi bersih.

Itulah cara terbaik untuk mengatasi air kolam renang yang bewarna hijau. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hallo, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?