Penyebab Air Kolam Renang Kuning Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Air Kolam Renang Kuning Dan Cara Mengatasinya

Kolam renang yang digunakan secara rutin bisa saja mengalami masalah. Salah satunya adalah air kolam renang yang berwarna kuning. Salah satu faktor yang sering menjadi penyebab air kolam renang menjadi kuning adalah perawatan kolam yang dilakukan tidak rutin. Disamping itu, terdapat berbagai penyebab lainnya yang juga menyebabkan air kolam renang menjadi kuning. Bila Anda memiliki kolam renang dan menemui permasalahan yang sama, tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab air kuning dan cara mengatasinya.

Ya, kali ini Kami Karya Utama Pool menjawab pertanyaan Anda seputar cara mengatasi air kolam renang menjadi kuning. Sebab banyak sekali yang mengaku kesulitan mengatasi air kolam renang kuning.  

Penyebab Air Kolam Renang Menjadi Kuning

Mengetahui hal demikian, sebaiknya kita ketahui dulu apa yang menjadi penyebab air kolam renang menjadi kuning. Kondisi air kolam renang kuning ini memang permasalahan yang tidak bisa dibiarkan. Karena jika salah dalam penanganan yang ada kolam renang akan menjadi semakin buruk. Untuk itu, penanganannya harus segera dilakukan.

Baca dulu : Begini cara merawat kolam renang agar bebas dari lumut

Secara umum, berikut beberapa penyebab air kolam renang menjadi kuning :

a. Sistem Filterisasi Bermasalah

Bisa jadi, salah satu penyebab air kolam renang menjadi kuning adalah sistem filterisasi yang bermasalah. Filterisasi ini memang penting, sebab filter ini menjadikan air menjadi bening. Jika sistem filterisasi bermasalah, maka air kolam renang menjadi lebih keruh dan kemungkinan yang terjadi tentu saja air kolam renang menjadi berwarna kuning. Jika hal demikian dibiarkan saja, tentu air kolam renang menjadi tidak sehat dan tidak layak untuk digunakan.

b. Pemberian Chemical Yang Tidak Tepat

Setiap kolam renang dalam perawatannya tentu menggunakan chemical. Namun penggunaan chemical yang tidak tepat juga hal yang salah dan mengakibatkan air kolam renang menjadi kuning. Tepatnya akan berpengaruh pada kadar klorin dan pH air. Apabila kadar klorin dan pH tidak sesuai, tentu saja akan sangat mudah untuk air berubah warna bahkan menyebabkan air kolam renang ditumbuhi oleh lumut dan alga.

c. Tidak Ada Sirkulasi Setelah Pemberian Chemical

Dalam proses pemberican chemical, maka sebaiknya sirkulasi air dihidupkan. Ini bertujuan agar klorin lebih cepat larut dan mampu tercampur secara sempurna ke seluruh air kolam renang. jika sirkulasi tidak dihidupkan, tentu klorin tidak tercampur dengan sempurna yang dapat menyebabkan air berubah warna.

Layanan lainnya :

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Air Kolam Renang Kuning?

Jika air kolam renang mengalami perubahan warna menjadi kuning, maka sudah seharusnya untuk mengatasinya. Adapun untuk mengatasi air kolam renang agar tidak kuning yaitu :

1. Membenahi Sistem Filterisasi

Jika air kolam renang menguning yang disebabkan karena kesalahan pada filterisasi cara untuk mengatasinya adalah denga memperbaiki sistem filtrasi. Kotoran yang menyumbat harus segera dibersihkan agar tidak mengganggu sistem filterasi. Selain itu, Anda juga bisa mengganti komponen filterasi yang rusak apabila ada salah satu bagian yang rusak.

2. Pemberian Chemical Yang Benar

Bila penyebab air kolam renang menjadi kuning adalah kesalahan dalam pemberian chemical, Anda bisa lakukan treatment dengan cara pengendapan. Kemudian agar air kolam renang selalu dalam kondisi bening, pastikan kadar CL dan pH dalam kondisi ideal. Pastikan pula pemberian chemical dalam jumlah yang benar. Juga lakukan sirkulasi air yang benar setelah dilakukan pemberian chemical, ini untuk memastikan air kolam renang dalam keadaan jernih dan tidak kelebihan klorin maupun pH.

3. Cek Kondisi Air Kolam Renang Secara Rutin

Jika dirasa terdapat masalah yang menyebabkan air kolam renang menjadi kuning, sebagai pemilik kolam renang maka Anda harus melakukan pengecekan di seluruh bagian kolam renang. Termasuk mengecek kondisi air kolam renang mengenai kandungan yang terdapat dalam air kolam renang tersebut. Jika adanya kekurangan zat tertentu, lakukan pembenahan dan berikan zat yang dibutuhkan.

Itulah cara terbaik untuk menangani air kolam renang menjadi kuning. Jangan sepelekan hal ini, karena bisa saja air kolam renang yang terlihat sehat padahal memiliki kandungan zat yang berbahya. Lakukan perawatan secara rutin, dan bila Anda butuh jasa perawatan kolam renang maka percayakan saja pada Kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hallo, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?