Langsung Cek! Cara Merawat Kolam Renang yang Baru Dibuat

Langsung Cek! Cara Merawat Kolam Renang yang Baru Dibuat

Mempunyai kolam renang itu tidak bisa di biarkan begitu saja. Meskipun masih terhitung baru di buat, kalian perlu mempersiapkan rencana perawatannya. Karena, kolam renang ini kalau di biarkan begitu saja maka akan cepat kotor dan tidak nyaman untuk di gunakan. Oke, admin akan sedikit membagikan  beberapa informasi yang mungkin Anda butuhkan, terutama bagi yang baru saja mempunyai kolam renang tapi masih bingung apa yang harus di lakukan. Tidak perlu khawatir, disini yang Anda butuhkan adalah waktu luang saja. Meskipun belum berpengalaman tetap bisa kok  melakukan perawatan kolam renang.

Daripada harus berlama-lama, berikut Kami jelaskan satu persatu hal-hal yang perlu di lakukan agar kolam renang pertamamu tetap bersih dan nyaman.

1.Bersihkan Kolam Renang Dari Dedaunan yang Berjatuhan

Untuk yang satu ini biasanya sering terjadi jika di sekitar rumah kalian banyak pepohonan. Ya, meskipun memberikan tampilan dan kesejukan yang luar biasa, namun dengan adanya pepohonan di sekitar kolam bisa membuat perawatannya lebih ekstra. Paling sedikit kalian perlu membersihkan kolam renang seminggu sekali, tentu lebih bagus jika melakukannya 3 hari sekali, namun karena kesibukan masing-masing orang berbeda, jadi lebih baik lakukan pas ada waktu luang saja.

Gunakan leaf skimmer berukuran agak besar, jadi daun-daun tersebut bisa di ambil dengan lebih mudah daripada menggunakan cara manual. Anda bisa membeli peralatan tersebut di marketplace online atau toko peralatan kolam renang resmi. Oh iya, akan lebih menyenangkan jika di lakukan bersama keluarga, jadi coba sesekali ajak anak-anak juga untuk mengajari mereka pentingnya merawat kolam renang.

2.Cek Bagian Filter Kolam Renang

Filter adalah bagian yang tidak kalah penting. Alat inilah yang berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran seperti serpihan ranting, debu-debu, dan sebagainya. Tanpa adanya filter, maka kolam renang Anda akan menjadi semakin cepat kotor.

Baca juga: 5 Sparepart Utama yang Harus Ada Di Kolam Renang!

Tidak banyak yang bisa kalian lakukan, hanya memastikan alat tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. Mengingat ini adalah spare part inti maka sudah pasti terinstall pada saat membuat kolam renang. Ya, hanya kontraktor di bidang ahli alat saja yang mengetahui proses pemasangannya. Sebagai pemilik, Anda perlu memastikan secara berkala bahwa alat ini masih berfungsi, dan kabari teknisi profesional jika terjadi sesuatu yang tidak wajar.

3.Sikat Dinding Kolam Secara Berkala Menggunakan Wall Brush

Untuk menghindari menumpuknya kotoran pada kolam renang, pastikan untuk menyikatnya setiap seminggu sekali (minimal). Ya, memang terkesan merepotkan namun mempunyai kolam renang di rumah berarti ada tanggungjawab tambahan yang perlu di penuhi. Ya, jangan hanya senang saat menggunakannya saja, namun kalian juga harus rajin bersih-bersih. Peran filter memang membantu untuk menyaring debu-debu, dan kotoran kecil. Namun, bukan berarti kalian bisa membiarkan kolam renang tanpa perawatan.

Oh iya, jangan lupa untuk menyikat bagian bawah permukaan kolam renang ya, karena di bagian tersebutlah biasanya menjadi sumber beberapa kotoran yang sudah terlanjur tenggelam, siapa tahu anak Anda melemparkan sesuatu secara tidak sengaja, tentu harus segera di cek agar kolam renang tetap bersih.

4.Menggunakan Test Kit Untuk Menstabilkan Air

Kandungan asam atau basa yang terlalu berlebih dalam kolam tidak baik untuk kesehatan manusia. Selain itu kadungan zat besi juga cukup berbahaya bagi permukaan kulit, seperti yang  tadi sudah Kami singgung terkadang anak-anak suka meleparkan apa saja ke dalam kolam renang. Oleh karena itu, penting untuk mengecek kondisi airnya secara berkala. Adapun alat yang di gunakan untuk melakukannya adalah test kit. Sebuah alat khusus yang berisi cairan kimia tertentu. Untuk menggunakannya harus menggunakan takaran yang jelas, apabila bingung maka sebaiknya konsultasikan dulu pada pihak yang membuat kolam renang tersebut. Mereka pasti tahu hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh di lakukan saat menggunakan test kit.

Kesimpulan

Oke, itu dia beberapa tips yang bisa kalian coba untuk memastikan kolam renang yang baru tetap jernih dan bersih. Ingat ya, jangan sampai lupa untuk melakukannya di waktu luang. Apabila membutuhkan bantuan mengenai perawatan kolam renang maka bisa juga konsultasikan kepada Karya Utama Pool(https://www.karyautamapool.com/

. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan, renovasi, dan perbaikan kolam renang. Dapatkan solusi dan penyelesaian termudah melalui layanan terbaik sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hallo, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?