Tips Mengatasi Noda Dan Kerak Pada Kolam Renang

Perawatan Kolam Renang

Kolam renang berkerak umum terjadi pada dinding ataupun dasar kolam renang. Hal ini biasanya akibat dari kurangnya perawatan kolam renang dan ketidakseimbangan kandungan yang terdapat pada air kolam renang. Jika hal ini terjadi, maka sudah seharusnya Anda mencari cara terbaik untuk mengatasi noda dan kerak tersebut. Tentunya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk pembersihan noda dan kerak tersebut. Bagi Anda yang ingin mengatasinya, maka Anda perlu simak artikel Kami tentang tips mengatasi noda dan kerak pada kolam renang.

Tapi sebelum Kita membahas mengenai cara mengatasinya, terlebih dahulu Kita perlu tahu mengenai penyebab noda dan kerak pada dinding dan dasar kolam renang. Apa saja?

Penyebab Noda dan Kerak pada Dinding dan Dasar Kolam Renang

Mengenai penyebab adanya noda maupun kerak pada dinding maupun dasar kolam renang, tentunya ada banyak hal. Salah satunya ialah buruknya system sirkulasi air kolam renang. Instalasi pemipaan dari aliran kolam renang yang tidak Anda perhatikan, dapat menjadi penyebab munculnya noda dan kerak.

Hal ini biasanya akibat penggunaan kaporit yang terlalu rendah. Sehingga menyebabkan tumbuhnya kerak dan lumut. Selain itu, adanya kotoran yang mengendap sehingga membuat bahan organic menjadi tumbuh dengan leluasa di dasar kolam renang. Adanya noda dan kerak juga biasanya karena pemberian bahan kimia ke dalamnya yang tidak rutin. Perawatan yang seadanya saja tanpa Anda perhatikan komponen instalasi memiliki cara perawatan yang berbeda-beda.

Lalu Bagaimana Cara Membersihkan Noda Dan Kerak Pada Dinding Dan Dasar Kolam Renang?

Perawatan kolam renang yang tidak benar, bisa menyebabkan timbulnya noda dan kerak pada dinding maupun dasar kolam renang. Bila hal ini terjadi, maka sudah seharusnya Anda melakukan cara-cara ini untuk mengatasinya :

1. Menggunakan Garam Untuk Pembersihan Lumut

Adanya lumut dapat menjadi penyebab yang bisa menimbulkan noda pada kolam renang. Perawatan yang kurang maksimal dan tidak rutin, apalagi jika area seperti tangga atau area yang dekat system filternya dapat memperparahnya. Tentu saja lumut menjadi tumbuh dengan bebas yang menyebabkan noda pada kolam renang semakin meningkat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan garam.

Garam bisa Anda siapkan 2 sendok kedalam 2 liter air kemudian rebus sampai mendidih. Begitu sudah membuat larutan, selanjutnya siramkan larutan tersebut pada dasar dan dinding kolam renanng. Setelah menyiramkannya, Anda bisa menggosoknya sampai bersih.

2. Menggunakan Asam Cuka Untuk Dapat Menghilangkan Kerak

Selain noda pada kolam renang, kerak juga kerap kali muncul pada dinding dan dasar kolam renang. Umumnya berasal dari kotoran yang tidak kunjung untuk dibersihkan. Akibatnya membuat tampilan menjadi kurang estetik dan mengganggu penampilan. Jika hal ini terjadi, Anda bisa memanfaatkan asam cuka untuk membersihkannya.

Caranya : campurkan larutan asam cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian siramkan pada dinding yang berkerak. Gosok bagian yang berkerak dengan sikat khusus sampai bersih. Anda bisa gunakan tanpa mencampurkan dengan air jika noda sulit hilang.

3. Menggunakan Air Perasan Lemon Untuk Hilangkan Noda Karat

Bagian yang terkena kotoran akan menimbulkan noda karat dengan warna kekuningan atau kecoklatan. Biasanya terjadi pada komponen logam seperti tangga kolam renang. Bila Andaa terus membiarkannya tentu saja akan sangat mengganggu dan terkesan menjijikkan. Untuk menghilangkannya, maka Anda bisa menggunakan air perasan lemon. Pasalnya kandungan asam yang tinggi pada lemon dapat membersihkan noda karat pada dinding maupun dasar kolam renang. Cara untuk menggunakannya pun sama, bisa campurkan air dan garam kemudian siramkan pada noda yang karat sebelum menggosoknya.

4. Menggunakan Sitrun Untuk Hilangkan Noda Dan Kerak

Anda tentu sudah sering mendengar tentang sitrun bukan? Bahan yang seringkali Anda gunakan untuk membersihkan kamar mandi ini, juga bisa Anda jadikan sebagai bahan untuk menghilangkan noda dan kerak pada kolam renang. Hal ini akibat dari tumbuhnya bakteri dan mikroorganisme. Cara penggunaannya juga cukup mudah, bisa basahi dengan air dan lumpur menggunakan bahan ini. Tunggu beberapa saat kemudian Anda bisa menyiramnya kembali.

Bagaimana Jika Sibuk Dan Tidak Bisa Membersihkan Noda Dan Kerak Kolam Renang Sendiri?

Untuk Anda yangs sibuk dengan berbagai aktivitas di luar rumah, kemudian Anda tidak bisa membersihkannya sendiri. Maka solusi terbaik untuk penangannya ialah menggunakan layanan jasa perawatan kolam renang dari Kami. Jasa Kami akan membantu untuk membersihkan noda, karat, maupun kerak yang terdapat pada kolam renang. Bila Anda membutuhkan layanan Kami, Kami bisa melayani ke seluruh wilayah Jabodetabek. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Kami sekarang juga !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hallo, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?