Begini Cara Mengatasi Kolam Renang Berkabut dan Berwarna Putih

Begini Cara Mengatasi Kolam Renang Berkabut dan Berwarna Putih

Mengatasi kolam renang yang berkabut dan berwarna putih bisa dengan berbagai cara. Sayangnya tidak semua pemilik kolam renang bisa memahami bagaimana cara untuk mengatasinya. Padahal, timbulnya warna putih dan munculnya kabut pada kolam renang berarti menandakan terjadinya masalah pada kolam renang. Jika ini Anda biarkan, tentu saja kolam renang menjadi tidak layak untuk digunakan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Lalu, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab dari air kolam renang berwarna putih dan berkabut? Sebelum Kita membahas mengenai penyebabnya, terlebih dahulu Anda perlu ketahui bahwa kolam renang berkabut dan berwarna putih berarti terdapat kuman dan bakteri. Ini artinya, kolam renang sedang tidak beres. Sebagai pemilik kolam renang, maka Anda harus melakukan penanganan agar kolam renang tersebut bisa Anda gunakan kembali.

Penyebab Kolam Renang Menjadi Putih Dan Berkabut

Untuk memudahkan Anda dalam penanganan air kolam renang yang berkabut dan berwarna putih, terlebih dahulu Anda perlu ketahui penyebabnya. Ya, pada dasarnya air kolam renang yang berkabut di sebabkan karena tingkat keasaman yang terlalu tinggi. Sedangkan, kadar klorin yang terlarut di dalam air tersebut terlalu rendah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah air berkabut bukan disebabkan oleh kotoran yang terlarut di air. Terkecuali, air tersebut berubah menjadi sangat putih, maka ada kemungkinan air tersebut tercemar oleh kotoran.

Agar Anda dapat memastikannya, maka Anda perlu melakukan pengetesan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan test kit untuk mengecek pH air dan kadar klorin. Test kit bisa Anda dapatkan di toko penjualan alat-alat kolam renang. Namun pastikan sebelum Anda mengeceknya, kondisi harus steril terlebih dahulu. Baru kemudian Anda mengambil air dari bagian dasar kolam renang dan tuangkan air ke dalam tabung test kit hingga batas maksimal.

Selain itu, Anda juga memerlukan cairan Phenol Red Indicator untuk dapat mengetahui tingkat keasaman air. Juga Oto Indicator untuk dapat mengetahui kadar klorin yang terdapat dalam air.

Cara pengaplikasiannya yaitu : tambahkan 5 tetes Phenol Red Indicator kedalam tabung test kit untuk pemeriksaan pH air. Kemudian tambahkan 5 tetes Oto Indicator di tabung test kit untuk pemeriksaan pH air. Tutuplah kedua tabung tersebut dengan rapat, dan kocoklah bahan-bahan yang ada di dalamnya agar tercampur rata. Kemudian, Anda tunggu beberapa saat sampai kondisi air tabung test kit menjadi stabil kembali. Setelah itu, perhatikan perubahan keduanya terutama warnanya.

Bandingkan warna air di tabung pertama dengan warna standar dengan pembanding pH. Tingkat pH air yang ideal untuk kolam renang, berkisar antara 7,2-7,6. Bandingkan warna air di tabung kedua dengan warna pembanding klorin. Kadar klorin ideal yaitu 1,0-1,5.

Baca juga : Biaya Pembuatan Kolam Renang Pribadi

Cara Menangani Kolam Renang Berwarna Putih Dan Berkabut

Bila kolam renang milik Anda berwarna putih dan berkabut, Anda harus segera meenanganinya supaya kolam renang tersebut bisa digunakan kembali. Untuk penanganannya bisa dilakukan dengan :

  1. Lakukan pembersihan kolam renang terlebih dahulu dengan menyedot partikel-partikel kotoran menggunakan vacuu cleaner khusus.
  2. Lakukan pembersihan secara total ke seluruh bagian kolam, jangan biarkan sebutir debu pun mengendap di dasar kolam renang.
  3. Gerakkan vacuum secara merata dari satu bagian ke bagian lainnya.

Kemudian bila kondisi air sudah bersih, upaya selanjutnya Anda bisa dengan membersihkan warna airnya.

Cara untuk menjernihkan warna airnya yaitu :

  1. Anda bisa menggunakan bahan kima tertentu seperti kaporit 90% (granular) atau bisa menggunakan kaporit tablet. Anda bisa langsung menyebarkan ke seluruh bagian kolam renang secara acak. Biasanya untuk satu kolam renang dibutuhkan 1/2kg granular saja. Jangan terlalu banyak karena akan membuat air kolam renang justru menjadi kekuning-kuningan.
  2. Untuk penggunaan kaporit tablet, Anda bisa mengatasi air di kolam renang dengan jumlah 2-3 keping kaporit pada satu kolam renang. Pastikan gunakan dosis yang tepat, jika terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan air kolam renang berwarna kekuning-kuningan.
  3. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan asam klorida. HCl bisa mengatasi air yang warnanya berkabut atau putih. Tapi ketika Anda menggunakannya, Anda perlu mengenakan masker dan sarung tangan karena HCl termasuk keras. Karena jika tidak beresiko membuat kulit Anda melepuh. Jika terkena tangan, segera basuh dengan air.
  4. Selanjutnya jika sudah memberikan kaporit, Anda perlu menyalakan system filtrasi minimal 8 jam. Tujuannya untuk mengaduk air kolam renang agar bahan-bahan tersebut dapat larut dan efeknya bisa dirasakan lebih cepat.

Jika Anda tidak bisa menanganinya sendiri karena kesibukan atau keterbatasan waktu untuk merawat kolam renang, maka sudah seharusnya Anda menggunakan jasa Kami. Kami karya utama pool memberikan layanan perawatan kolam renang terbaik untuk bantu perbaiki masalah air kolam renang. Hubungi Kami sekarang !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hallo, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?